JavaScript is not enabled, please check your browser settings.

abangdesa

Nabung dan Investasi : Apa sih bedanya ?

Admin D | 02 Februari 2019

Perbedaan antara nabung dan investasi sangatlah jauh. Sedari kecil, baik di sekolah maupun di rumah, kita sudah diajarkan untuk rajin menabung. Biasanya kita mulai dengan menyisihkan sebagian uang jajan kita untuk ditabung. Ketika beranjak dewasa, kita mengenal istilah baru yaitu investasi. Abang Desa memperkenalkan sistem peer to peer lending yang juga berbentuk investasi kepada yang sangat membutuhkan, yaitu Petani. Jika kita lihat sekilas, menabung dan berinvestasi terkesan mirip: sama-sama menyisihkan sebagian uang untuk disimpan, atau digunakan kemudian hari. Tapi, jangan salah. Menabung dan Berinvestasi memiliki beberapa perbedaan yang signifikan. Lantas, apa sih bedanya menabung dengan berinvestasi?

Me- nabung adalah menyisihkan sebagian uang untuk disimpan jika sewaktu-waktu diperlukan. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menabung: ada yang menabung uang recehan di celengan, ada yang menggunakan brankas, dan sebagian besar orang menabung di bank. Menyimpan sebagian uang di tempat tertentu dan menambah jumlahnya secara berkala juga dapat dikatakan menabung. Cara apa yang digunakan, tergantung dari besaran uang yang ditabung itu sendiri.

Ber-investasi adalah penanaman modal yang dilakukan untuk keuntungan jangka panjang. Investasi sendiri memiliki berbagai macam jenis, serta objek yang diinvestasikan. Keuntungan atau pendapatan yang didapatkan juga berbeda-beda sesuai dengan jenis investasinya sendiri. Nah, dari pengertian saja sudah terlihat kan bedanya menabung dan berinvestasi. ?Baik menabung dan berinvestasi, keduanya memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing

Kelebihan menabung

  1. Pertama, uang yang ada di tabungan dapat lebih cepat diakses atau diambil. Misalnya jika kita membuka rekening tabungan di bank, kita akan menerima kartu ATM.

  2. Menabung di bank juga menguntungkan dengan adanya bunga yang kita dapatkan secara berkala. Menabung lebih cocok sebagai dana darurat, atau rencana jangka pendek seperti dana liburan atau membeli barang.

 

Kelemahan dari menabung adalah

  1. uang yang kita tabung tidak terhindar dari naik turunnya mata uang dan inflasi. Naik turunnya kurs mata uang negara sangat memengaruhi nilai tabungan kita. Selain itu, inflasi yang terjadi dapat menyebabkan kenaikan dari harga pasar namum tidak pada nilai tabungan anda.

  2. Bunga bank juga relatif sama dari waktu ke waktu dan tidak berkembang. Belum lagi biaya administrasi bank, yang menyebabkan kita tidak dapat mengambil semua deposito kita dari rekening tabungan.

 

Kelebihan Investasi

  1. investasi memiliki sistem yang berbeda. Dana yang kita investasikan akan menjadi aktiva atau modal daripada objek yang kita investasikan. Hasil dari investasi tersebut dapat kita nikmati dalam waktu yang berjangka, ada yang bulanan ada juga tahunan.

  2. Sistem perolehan pendapatan juga berbeda-beda, tergantung dengan yang telah disepakati antara investor dan platform yang menyediakan jasa investasi tersebut. Investasi sangat cocok untuk keperluan jangka panjang seperti persiapan dana pensiun atau dana pendidikan.

 

Kelemahan investasi

  1. Setiap investasi yang kita lakukan memiliki resiko yang kadang tidak dapat dihindari. Penghasilan dari investasi tergantung dari besaran dana yang kita investasikan. Namun, biasanya semakin besar investasi yang kita lakukan, semakin besar juga resiko yang ada. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami secara keseluruhan sistem dari investasi yang akan kita lakukan untuk menghindari kerugian dari resiko yang ada.

  2. Platform investasi juga terdapat berbagai penipuan yang mengharuskan kita lebih jeli dalam memilih jasa.

 

Nah, setelah tahu perbedaan dari menabung dan berinvestasi, sekarang kita dapat menentukan mana yang lebih sesuai dengan tujuan kita. Antara menabung dan berinvestasi, menentukan mana yang lebih menguntungkan tergantung dari tujuan kita dalam merencanakan keuangan. Keduanya sama-sama penting untuk perencanaan keuangan yang baik. Abang desa ingin menjadi rekan anda dalam berinvestasi bukan hanya untuk semua keuntungan dan kelebihan berinvestasi tapi juga untuk memberikan perubahan yang signifikan kepada Indonesia dan para petani di desa yang membutuhkan menopang kebutuhan pangan Indonesia

 

Artikel Terbaru

gambar Alasan Investasi yang cocok untuk anak muda adalah peer to peer lending Alasan Investasi yang cocok untuk anak muda adalah peer to peer lending

gambar Teknologi Keuangan untuk Membangun Desa dan Perbatasan di Kalimantan Barat Teknologi Keuangan untuk Membangun Desa dan Perbatasan di Kalimantan Barat

gambar Kiat Mendapatkan Pembiayaan Usaha Kiat Mendapatkan Pembiayaan Usaha

gambar Cerita dari Sebubus, Desa Penghasil Buah Naga di Perbatasan Indonesia Cerita dari Sebubus, Desa Penghasil Buah Naga di Perbatasan Indonesia